Sebuah organisasi menjalankan empat aktivitas dasar pada siklus pendapatan, yaitu :
- Entri pesanan penjualan
- Pengiriman
- Penagihan
- Penerimaan kas
Pesanan penjualan adalah dokumen yang dibuat selama entri pesanan penjualan yang mencamtumkan nomor barang, kuantitas, harga, dan syarat penjualan.
Electronic Data Interchange (EDI) yaitu penggunaan komunikasi terkomputerisasi dan skema pengodean standar untuk mengirimkan dokumen bisnis secara elektronik dalam sebuah format yang dapat secara otomatis diproses oleh sistem informasi penerima.
Batas kredit yaitu saldo rekening kredit maksimum yang diizinkan bagi setiap pelanggan, berdasarkan sejarah kredit masa lalu dan kemampuan untuk membayar.
Daftar umum piutang adalah sebuah laporan yang mencantumkan saldo rekening pelanggan berdasarkan lamanya waktu yang beredar.
Back order yaitu sebuah dokumen yang mengotorisasi pembelian atau produksi dari barang-barang yang dibuat ketika tidak ada persediaan yang mencukupi untuk memenuhi pesanan pelanggan.
Kartu pengambilan yaitu sebuah dokumen yang mencantumkan barang dan kuantitas dari tiap-tiap barang yang dipesan dan mengotorisasi fungsi pengendalian persediaan untuk mengeluarkan barang tersebut ke departemen pengiriman.
Sistem manajemen hubungan pelanggan yaitu perangkat lunak yang mnegatur informasi mengenai pelanggan dengan cara memfasilitasi layanan yang efisien dan personal.
Slip pengepakan adalah sebuah dokumen yang mencantumkan kuantitas dan deskripsi dari setiap barang yang disertakan dalam sebuah pengiriman.
Bill of lading yaitu sebuah kontrak hukum yang menjelaskan tanggung jawab atas barang ketika barang tersebut sedang dalam transit.
Faktur penjualan yaitu sebuah dokumen yang memberitahukan kepada pelanggan mengenai jumlah dari penjulan dan kemana mengirimkan pembayarannya.
Metode faktur terbuka yaitu metode untuk memelihara piutang yang mana pelanggan membayar berdasarkan setiap faktur.
Nota pengiriman uang yaitu sebuah salinan faktur penjualan yang dikembalikan dengan pembayaran pelanggan yang mengindikasikan faktur, laporan, atau hal-hal lain yang dibayarkan.
Metode saldo maju adalah metode pemeliharaan piutang yang mana pelanggan biasanya membayar berdasarkan jumlah yang ditunjukkan dalam sebuah laporan bulanan, bukan berdasarkan tiap-tiap fakturnya. Pengiriman uang diterapkan terhadap total saldo rekening, bukan dengan faktur tertentu.
Laporan bulanan adalah sebuah dokumen yang mencantumkan seluruh transaksi yang terjadi selama sebulan yang lalu dan informasi atas saldo rekening terakhir pelanggan.
Penagihan siklus adalah menghasilkan laporan bulanan bagi subset pelanggan pada waktu yang berbeda.
Memo kredit adalah sebuah dokumen, disetujui oleh manajer kredit, yang mengotorisasi departemen penagihan untuk mengkredit rekening seorang pelanggan.
Daftar pengiriman uang yaitu sebuah dokumen yang mencantumkan nama dan jumlah dari seluruh pembayaran pelanggan yang diterima dalam surat.
Peti uang adalah sebuah alamat pos yang pelanggan tuju ketika pelanggan tersebut mengirimkan uangnya.
Peti uang elektronik adalah pengaturan peti uang di mana Bank secara elektronik mengirimkan informasi tentang nomor rekening pelanggan dan jumlah yang disetorkan segera setelah menerima pembayaran.
Electronic funds transfer (EFT) yaitu transfer dana melalui penggunaan perangkat lunak perbankan secara online.
Financial electronic data interchange yaitu kombinasi dari EFT dan EDI yang memungkinkan data pengiriman uang dan instruksi transfer dana untuk disertakan dalam satu paket elektronik.
Universal payment identification code (UPIC) yaitu sebuah nomor yang memungkinkan pelanggan untuk mengirimkan pembayaran melalui sebuah kredit ACH tanpa memerluka pihak penjual untuk membocorkan informasi detail mengenai rekening banknya.
Anggaran arus kas yaitu sebuah anggaran yang menunjukkan proyeksi arus kas masuk dan arus kas keluar untuk periode tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar